Kamis, 13 Juni 2013

Tujuan Membuat Blog

Tujuan Membuat Blog- Kadang-kadang kalo kita sebagian orang awam berpikir untuk apa sih membuat blog itu, kelihatan seperti orang yang kurang kerjaan. Sepertinya anggapan-anggapan seperti itu mungkin lebih cocok untuk orang yang tidak kreatif, karena tujuan orang membuat blog itu ternyata beragam sekali.




Di bawah ini saya coba urai tujuan orang ngeblog yang saya dapat dari berbagai artikel:

Keinginan untuk berbagi (Sharing) ide dan ilmu.

Terasa kurang etis bila ilmu pengetahuan yang mereka miliki hanya disimpan sendiri. Sebagian orang menyukai untuk 'menularkan' ilmu yang dimilikinya ke orang lain. Ada rasa senang bila orang lain bisa atas jasa darinya.

Untuk memperoleh pengakuan.

Sebagian orang ingin menunjukan bahwa dia memang ahli dalam suatu bidang.

Blog mudah dibuat.

Ini salah satu alasan kenapa orang menyukai blog. Beberapa penyedia blog bahkan mempermudah pendaftarnya untuk mempunyai blog dengan hanya tiga langkah mudah. Bahkan untuk seorang yang tidak pernah membuat website dan tidak mengerti pemograman web sekalipun.

Blog lebih mudah dikelola dibanding sebuah website.

Alasan ini juga menyebabkan orang lebih memilih blog. Dengan blog dia hanya perlu mengurusi masalah isi blognya saja. Setiap kali dia mem-posting, dia bisa menggunakan fitur dari penyedia layanan blog. 
sehingga urusan mem-posting dokumen menjadi lebih mudah.

Mempromosikan diri.

Jika anda mempunyai sebuah karya, baik dalam bentuk tulisan atau yang lainnya, maka merupakan ide yang baik bila anda mempromosikan karya tersebut dalam sebuah blog. Dengan harapan banyak orang yang melihat dan memperhatikan karya yang kamu buat. 

Mengetahui komentar dari masyarakat.

Dalam sebuah blog, terdapat suatu fitur yang bernama comment.  dengan fitur ini, setiap pengunjung blog dapat meberikan komentarnya terhadap suatu tulisan di dalam blog. Bahkan fitur comment inilah yang memberi nilai lebih suatu blog ketimbang website. Manfaat komentar yang kamu dapat adalah bila komentar tersebut berupa pujian atas postingan yan kamu buat, diharapkan dapat memotivasi kamu untuk bekerja lebih giat lagi. Akan tetapi, jika komentar tersebut berupa kritikan, diharapkan dapat mendorong kamu untuk menkoreksi dan memperbaiki diri. Dengan banyaknya komentar dalam blog kamu, membuat blog yang kamu miliki terasa lebih hidup.

Sebagai buku harian online

Sebagian orang menggunakan blog sebagai media pengganti buku harian. Biasanya berisi pengalaman pribadi yang dijalaninya setiap hari. Ada juga blog yang memuat catatan perjalanan seseorang wartawan. Mungkin kisah perjalananya dirasa perlu dicatat dan diketahui oleh orang banyak.


.

Untuk mencari penghasilan

Nah ini mungkin alasan yang akhir-akhir ini banyak digunakan orang. Disaat kondisi ekonomi kita mulai menurun dan kompetisi mencari kerja mulai sulit. Makin banyak orang yang memutar otak untuk mencari penghasilan diluar kerja formal. Salah satunya melalui internet, sehingga saat ini banyak orang menyebutnya sebagai bisnis online. Macam-macam bentuk bisnis online yang ada di internet saat ini yang bisa dilakukan semua orang, dari yang bentuk-bentuknya sederhana hingga yang rumit. Kamu tinggal pilih mana yang cocok untuk kamu kerjakan.



Demikian sebagian alasasan yang mendorong seseorang untuk mempunyai sebuah blog. Yang perlu diperhatikan bila kamu mempunyai sesuatu yang ingin dikatakan atau ingin berbagi dengan orang lain, mengapa tidak membuat blog saja sekarang juga? 

0 komentar:

Posting Komentar