Selasa, 29 Desember 2015

Cara mengatasi telat bicara pada anak

Keterlambatan wicara pada anak kadang kala sering menjadi ke khawatiran para orang tua ketika mempunyai anak. Menurut penelitian kedokteran rata-rata satu dari empat anak menalami lambat wicara dan mayoritas tidak memerlukan perawatan khusus untuk mengatasi keterlambatan wicara mereka.



Pada umumnya perkembangan bahasa setiap anak seringnya memiliki kesamaan tetapi masa usianya bervariasi dari anak yang satu dengan anak yang lain. Biasanya, anak-anak mampu mengatakan satu kata pada sekitar usia 1 tahun, kemudian terjadi kombinasi dua kata sekitar pada usia 18 bulan sampai 2 tahun, dan mampu menyusun kalimat dari tiga kata sebelum berusia 3 tahun.

Beberapa cara untuk mendeteksi apakah anak mengalami keterlambat wicara bisa dengan cara memperhatikan apakah anak mampu membuat gerakan dan mengikuti petunjuk orang tua, jika mereka tidak memahami dan enggan berkomunikasi, Anda perlu khawatir.


Ada beberapa cara untuk terapi mengatasi telat wicara anak yaitu dengan sering mengajak anak berkomunikasi, selalu mengajak anak bermain setiap harinya sehingga mereka bisa beraktifitas yang nantinya akan membuat pola pikirnya berkembang dan hal yang paling penting adalah memberikan asupan nutrisi yang optimal bagi mereka sehingga tumbuh kembang anak bisa maksimal.

Nah itulah sedikit informasi mengenai ertikel kesehata ini, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar